-->

Iklan Billboard 970x250

Waspada! Smartphone bisa diretas melalui colokan umum

Waspada! Smartphone bisa diretas melalui colokan umum



Kemajuan teknologi yang sangat signifikan terkadang memang tidak diimbangi dengan kemampuan masyarakat untuk menambah informasi terkait dengan teknologi tersebut. Seperti tentang bagaimana cara menggunakan smartphone dengan cara yang baik dan tepat.

Untuk kalian yang belum tahu bahwa ada kemungkinan pada colokan pengisian daya smartphone di tempat umum sudah bisa diambil alih oleh program jahat yang bisa mengambil data dari ponsel tersebut yang tersambung.

mungkin untuk sebagian orang saat berada ditempat umum dan kekurangan daya pada smartphonenya, lalu melihat colokan pengisi daya ditempat umum mungkin akan langsung dipakainya. nah mungkin kalian akan menjadi korban hacking dari kelalaian kalian sendiri.



Keamanan Colokan Umum

Disampaikan oleh seorang ahli keamanan dari perusahaan teknologi Authentic8, Drew Paik, hacker bahkan bisa mencuri data yang ada dalam ponsel pintar kita hanya melalui stasiun pengisi daya saja.  Hal semacam ini sudah mulai banyak berkembang bahkan disinyalir masuk ke Indonesia.

“Hanya dengan mencolokkan ponsel ke stasiun pengisian yang telah ‘dikerjai’, perangkat kamu jadi terinfeksi dan semua data di dalamnya bisa diretas,” kata Drew.


Dalam penjelasannya, perwakilan perusahaan keamanan digital tersebut menyampaikan bahwa kemungkinan adanya program jahat menyusupi pengisian daya juga tidak terbatas untuk layanan digital lain seperti contohnya akses wifi gratis di beberapa lokasi umum. Dalam perjalanan sering ditemui tempat yang menawarkan akses wifi gratis seperti bandara, taman, kantor atau tempat umum yang lainnya.

Contoh sederhananya adalah seperti kalian ingin mengisi daya menggunakan kabel data di laptop atau komputer. Tentu saja ini memungkinlan untuk transfer data melalui kabel yang sedang dicolokkan pada pengisian daya.



Menjalankan Eksperimen Sederhana

Dalam penjelasan oleh perwakilan perusahaan Authentic8, juga pernah melakukan eksperimen sederhana terkait bagaimana mengisi daya pada smartphone yang mereka miliki. Dalam sebuah acara konferensi yang diadakan di San Francisco beberapa waktu lalu, Authentic8 membuka sebuah booth khusus untuk pengunjung yang mungkin membutuhkan pengisian daya.

Ternyata mayoritas dari mereka yang mengisi daya di tempat tersebut, justru sama sekali tidak menanyakan perihal keamanan dari pengisian daya tersebut. Padahal Authentic8 sudah memberikan beberapa informasi sebagai antisipasi kejahatan digital.

“Mayoritas tak mempermasalahkan mengisi daya di tempat umum. Karena berada di konferensi keamanan, harusnya mereka lebih waspada, tapi mereka justru merasa aman-aman saja,” kata Paik.



cara mengatasinya :

Saran yang diberikan oleh Paik adalah akan lebih baik jika kita mencoba menghemat daya smartphone yang kita miliki. Hal ini bisa disesuaikan dengan bagaimana keperluan kita mengakses telepon pintar. Jika memang dirasakan digunakan dalam jangka waktu yang lama, lebih baik kita mengingat untuk tidak lupa mengisi daya di rumah.

Atau solusi yang lebih praktis adalah dengan menggunakan power bank pribadi.


Selain itu, hal sederhana yang sudah bisa digunakan adalah  membawa kabel data yang hanya bisa dipakai untuk mengisi daya, bukan memindahkan file dan data. dengan cara ini dapat  menghindari orang asing mencuri data dari smartphone kalian.
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post