171
Pesawat Siluman Pertama di Dunia

Pesawat Siluman Pertama di Dunia - Jujur saja, waktu pertama melihat foto dari pesawat 'berbentuk ajaib' Horten Ho IX beberapa tahun yang lalu. wow.... satu lagi pesawat Luftwaffe yang hanya eksis di atas kertas". Perkiraan yang salah besar! Karena sebenarnyalah pesawat revolusioner di zamannya ini benar-benar telah dibangun dan diterbangkan oleh Jerman di masa perang! Jelas saja, fakta itu sudah cukup membuat pesawat ini menjadi special !

Para sejarawan masih saling berbeda pendapat akan bagaimana sebutan paling afdol dari pesawat ini, Ada yang menamainya Horten IX, Horten Ho IX, Gotha Go 229, Horten Ho-229. Kalau bagi saya pribadi, pemanggilan Horten IX atau Ho IX lebih condong untuk tipe pengembangannya (glider-glider buatan Horten sebelumnya dinamai Horten I, II, III... dan seterusnya). Versi produksi resminya sendiri (yang dibuat oleh pabrik pesawat Gotha) dinamai Go 229, dan bukannya Ho 229.


Dua bersaudara Walter dan Reimar Horten adalah para pionir dalam pembuatan pesawat bersayap tanpa ekor, dan telah membangun secara berturut-turut pesawat-pesawat 'layar' tanpa mesin berbentuk indah dengan performa menakjubkan pada tahun 1936 s/d 1940, yang diikuti oleh sebuah contoh dengan dilengkapi dua mesin pendorong. Pengalaman mereka dalam membuat pesawat bersayap besar yang dapat terbang adalah sesuatu yang ajaib pada masa itu, dan merupakan satu-satunya di dunia.


Horten IX V1 sedang dibawa oleh truk penarik


walter (kiri) dan reimar horten (kanan)

Pada tahun 1943 Walter Horten menyatakan ketertarikannya untuk membangun sebuah pesawat berkecepatan tinggi yang dibuat dari... kayu! Laporan dari perkembangan DFS 194 (kemudian dinamai Messerschmitt Me 163) yang dikepalai Profesor Lippisch makin meyakinkan Walter bahwa bahkan pesawat dari kayu dapat membawa mesin jet atau roket dan kemudian terbang. Pada tahun 1943 dia mengajukan gagasannya kepada Panglima Luftwaffe Reichsmarschall Hermann Göring, dan tanpa banyak cingcong proyek tersebut disetujui.



Prototipe pertama Horten IX V1 dibangun dengan berdasar pada rancangan, kemudian Bersamaan dengan uji terbang dari V1, sebuah prototipe kedua langsung dikembangkan pula. V2 ditenagai oleh dua buah turbojet. Rancangannya merupakan campuran dari berbagai tipe pesawat terdahulu, Mesin yang digunakan adalah BMW 003 dan bukannya Jumo 004 seperti yang direncanakan semula. Roda depannya yang berukuran besar merupakan contekan dari roda ekor pesawat Heinkel He 177, sedangkan peralatan pendarat utamanya "dipinjam" dari Messerschmitt Bf 109 G.

Penerbangan pertama dilakukan di Oranienburg tanggal 2 Februari 1945.
Pilot pengujinya adalah Erwin Ziller.setelah sukses dalam uji coba yg pertama , kemudian , dilakukan uji coba yg ketigakalinya, saat lepas landas mesin sebelah kiri tersebut mati dan,pesawat kehilangan kecepatannya dan tak bisa dikontrol. Erwin Ziller terbunuh ketika pesawat prototipenya menukik menabrak tanah dan hancur lebur.


Erwin ziller saat pengujian pertama kali nya pada pesawat horten

proyek tersebut tetap berlanjut dengan segala energi yang tersisa. Komponen prototipe yang masih ada segera dipindahkan ke Gothaer Wagonfabrik (Gotha) yang berada di Friedrichsrode. Pada bulan Maret 1945 proyek difokuskan kepada prototipe ketiga, yang diberi nama Go 229 V3. V3 berukuran lebih besar dibandingkan dengan kedua pendahulunya, dan bentuknya telah lebih disempurnakan lagi di beberapa tempat, yang dimaksudkan untuk menjadi contoh bagi seri pra-produksi pesawat tempur Go 229 A-0 yang telah dipesan oleh Luftwaffe sebanyak 20 buah. V3 ditenagai oleh mesin Jumo 004C, dan dapat membawa dua buah kanon MK108 30mm di pangkal sayapnya.

SIAL BAGI NAZI
Tapi semuanya telah terlambat bagi Luftwaffe. Pasukan Amerika menduduki pabrik Gotha pada tanggal 14 April 1945 dan menemukan rezeki nomplok: sebuah prototipe V3 yang 90% selesai dikerjakan dan belum lagi diterbangkan. Empat lagi pesawat lainnya yaitu Go 229 V4, V5, V6 dan V7 hadir juga, dengan beberapa tahap penyelesaian. V4 dan V5 adalah prototipe dengan dua tempat duduk dan direncanakan sebagai versi pesawat tempur malam.

Tentu saja orang-orang Amerika tidak menyia-nyiakan penemuan ini, dan segera menggondol V3 balik ke negaranya. Para ilmuwan disana hanya bisa terbengong-bengong menyaksikan sudah begitu jauhnya kemajuan yang telah dicapai oleh seterunya dari Jerman. Dahsyatnya lagi, V3 masih dapat disaksikan sampai saat ini, tepatnya di NASM's Paul E. Garber Restoration, Preservation & Storage Facility yang berlokasi di Silver Hill, Maryland.


Intinya Pesawat Bomber B-2 Amerika yang katanya paling cangginh itu adalah hasil nyolong punya NAZI


ini adalah pesawat horten yg dirampas amerika dan dikembangkan di negaranya , menjadi B2 bomber.




Satu-satunya pesawat Horten Ho 229 V3 yang masih ada dan tersimpan di Smithsonian Institution's Garber Restoration Facility


Diagram Go 229 (Horten IX) buatan Gothaer Wagonfabrik



Karakteristik umum
    * Crew: 1 Kru: 1
    * Length: 7.47 m (24 ft 6 in) Panjang: 7.47 m (24 ft 6 in)
    * Wingspan : 16.76 m (55 ft 0 in) Lebar sayap : 16,76 m (55 ft 0 in)
    * Height: 2.81 m (9 ft 2 in) Tinggi: 2,81 m (9 ft 2 in)
    * Wing area: 50.20 m² (540.35 ft²) Area sayap: 50,20 m² (540,35 ft ²)
    * Empty weight : 4,600 kg (10,141 lb) Berat kosong : 4.600 kg (10.141 £)
    * Loaded weight: 6,912 kg (15,238 lb) Loaded Berat: 6.912 kg (15.238 £)
    * Max takeoff weight : 8,100 kg (17,857 lb) Berat lepas landas maksimum : 8.100 kg (17.857 £)
    * Powerplant : 2 × Junkers Jumo 004 B turbojet , 8.7 kN (1,956 lbf) each Powerplant : 2 × Junkers Jumo 004 B turbojet , 8,7 kN (1956 lbf) masing-masing

Performance Kinerja
    * Maximum speed : 977km/h Kecepatan maksimum : 977km / h
    * Service ceiling : 16,000 m (52,000 ft) Layanan langit-langit : 16.000 m (52.000 kaki)
    * Rate of climb : 22 m/s (4,330 ft/min) Tingkat panjat : 22 m / s (4.330 ft / min)
    * Wing loading : 137.7 kg/m² (28.2 lb/ft²) Wing memuat : 137,7 kg / m² (28.2 lb / ft ²)
    * Thrust/weight : 0.26 Thrust / berat : 0,26

Armament Persenjataan
    * Guns: 4 × 30 mm MK 108 cannon Senjata: 4 × 30 mm meriam MK 108
    * Rockets: R4M rockets Rockets: R4M roket
    * Bombs: 2 × 500 kg (1,100 lb) bombs Bom: 2 × 500 kg (1.100 lb) bom

yah cukup disini dulu yah artikel saya tentang "Pesawat Siluman Pertama di Dunia" semoga ini menambah pengetahuan anda semua dan bermanfaat yah

Do you want to share?

Do you like this story?

Anda sedang membaca artikel Pesawat Siluman Pertama di Dunia dan artikel ini url permalinknya adalah http://info-adit.blogspot.com/2011/12/pesawat-siluman-pertama-di-dunia.html
Semoga artikel Pesawat Siluman Pertama di Dunia ini bisa bermanfaat.

Article :

17 komentar: — Skip to Comment.

Muhammad Muchlis mengatakan...

Indonesia udah bisa buat apa belom ya?
Untuk Indonesia Yang Mandiri >> http://oraiseng.blogspot.com/2011/12/indonesia-harus-mandiri.html

Rohis Facebook mengatakan...

klo di Indonesia yg banyak tuh siluman...,termasuk siluman kolor ijo.. hehehe..

thx infox kawan :)

Aditya Harviansyah mengatakan...

muhammad muchlis : okeh segera di kunjungi balik gan !

rohis facebook : bener gan hehehe :D

Ф дфѕдғфдғ Ф mengatakan...

wtf ?

pesawatnya persis kaya namanya gan hahah !

Aditya Harviansyah mengatakan...

Ф дфѕдғфдғ Ф : hehe :D thx kunjungannya yeh !

KANG PENDI mengatakan...

mantap gan sundullll ditunggu follow baliknya ya...

Awell mengatakan...

ada" aja | nice info ya

KAPAK Comunity mengatakan...

muantep kpn ea ane bisa buat pesawat kyk g2...
heheheheheee.....

Akhmad Jayyadi mengatakan...

Haha. Kerenn...
Follow back ya :)

Aditya Harviansyah mengatakan...

@KANG PENDI okeh kang thx yah kunjungannya !

Aditya Harviansyah mengatakan...

@Awell iya nih thx yah apresiasinya :D

Aditya Harviansyah mengatakan...

@KAPAK Comunity : hehe abis tahun baru kali gan :D

@Akhmad Jayyadi : makasih yah :)

Simple Semua mengatakan...

baru denger ane pesawat siluman

martomi mengatakan...

itu buatan indonesia gan...
hehehe

Aditya Harviansyah mengatakan...

@Simple Semua thx for comment :D

Aditya Harviansyah mengatakan...

@martomi walaah..
thx yah kunjungannya :)

obat batu ginjal mengatakan...

salam kenal gan thanks buat info nya, maksud nya siluman itu apa gan?